Senin, 04 Juli 2011

IKHLAS

Dalam penyatuan ini
perbedaan menjadi satu,
yang tiada menjadi ada
yang fana menjadi baqa
yang memandang menjadi yang dipandang
yang mengingat menjadi yang diingat
yang kenal menjadi yang dikenal
karena tunggal adanya,
maka pengakuan menjadi tiada.
Dalam penyatuan ini
keberadaan menjadi tiada,
yang wujud adalah wahdatul wujud
yang dipandang adalah wahdatus syuhud
maka berhentilah menggigau
dalam keinginan tak menentu,
nyatakan dirimu adalah dirimu
setelah sirna segala yang tiada,
yang tiada memang tiada
yang ada memang ada.
Perjalanan yang engkau pandang jauh
hanyalah ibarat semata,
seperti biji dan pertumbuhannya
menjadi sebatang pohon,
engkau sebenarnya tak pernah kemana-mana,
karena yang asal dan yang menjadi
saling menyatu, tak pernah berpisah.
Dalam penyatuan ini
kesadaran menjadi yang satu,
yang ada cuma diam
yang ada cuma bisu
yang ada tanpa suara
yang ada tanpa aksara,
keheningan adalah ketakberdayaanmu
kebeningan adalah keikhlasanmu.

Minggu, 12 Juni 2011

ZIKIR RAHASIA

Wahai pendulum waktu
berporos pada yang satu,
hu,hu,hu
kebenaran yang menyatu
pada tubuh yang satu,
haq,haq,haq
hidup yang menghidupi
pada diri yang berdiri
hayyun,hayyun,hayyun
tegak yang betegak
pada alif pun yang sendiri
qoyyum,qoyyum,qoyyum
nyata yang menyata
pada dunia yang fana,
qohhar,qohhar,qohhar
aku rahasia Engkau
Engkau rahasia aku
menyebut yang disebut
disebut yang menyebut
pada zikir yang berhuruf
pada zikir yang tunggal
Aku Allah
Akulah Hu,
Zat yang tak berbilang
Zat yang tak terdiri
Hu Aku
Hu Allah
satu dilingkari yang nol
nol yang melingkari yang satu,
jadilah Aku
Alif yang terkurung.

Jumat, 10 Juni 2011

ZIKIR NYAWA

Yang Awal
menjemput yang Akhir
adalah kematian yang sempurna.
Zat yang menjemput Sifat
adalah kematian yang kembali.
Ruh yang pergi
tubuh yang kembali
dalam perjalanan menuju yang satu
yang selalu disebut nyawa
dalam tarikan nafas yang menyatu.
Inilah zikir Hu
inilah zikir Allah
dalam tarikan nafas
yang kedalam, yang keluar
yang menjadi Aku, yang menjadi hidup,
karena nafas hanyalah penanda nyawa
karena nyawa hanyalah perantara ruh dan tubuh,
maka kematian menjadi tak bernyawa
maka kematian menjadi tak bernafas.
Ruh dan tubuh adalah lambang
yang zohir dan yang batin,
bermuara dari kalimat La ilaha illa Allah
berawal dari Nur Muhammad
berasal dari Nur Zat Allah,
maka berhentilah nafas
maka diamlah nyawa.
Nafas yang bernafas dari mulutmu
anfas yang bernafas dari hidungmu
tanafas yang bernafas antara dua telingamu
nufus yang bernafas diam di jantungmu,
zikir hu Allah tak pernah berhenti
zikir hu Allah sampai mati,
inilah kematian sebelum mati
inilah kematian sebelum ajal menanti.
perjalanan ini adalah perjalanan nyawa
perjalanan ini adalah perjalanan ruh
menantikan ruh pergi 
menantikan tubuh kembali.



Rabu, 08 Juni 2011

ZIKIR HATI

Tubuh yang bergetar
berlapis-lapis hijab diri
tergerai dalam keheningan ini,
seperti gemuruh gaung Asma-Mu
dilafazdkan hati yang paling dalam
diam-diam menyadarkan keberadaanMu
membuat sirna yang ada
dalam kefanaan diri.
Allah jua yang ada
Allah jua yang di kata
di lathifah bergulir AsmaMu
di lathifah berporos kata
mengitari bagian-bagian tubuh
menjadi bergetar tak berhenti
inilah zikir, mengingatMu
inilah lafazd, menyatakanMu.
Mengucap lathifah Qolbi
mengucap lathifah Ruh
mengucap lathifah Sirr
mengucap lathifah khofi
mengucap lathifah Akhfa
mengucap lathifah Nafsu nathiqoh
mengucap lathifah kulli jasad
Allah, Engkaulah tujuan
Allah, Engkaulah keberadaan.
Dalam poros ini, perjalanan hati dimulai
dalam sinaran nur yang suci,
kulitku nur
rambutku nur
dagingku nur
ototku nur
darahku nur
tulangku nur
sumsumku nur
tubuhku menjadi nur
karena yang ada menjadi yang tiada
karena yang tiada menjadi yang ada.

Selasa, 07 Juni 2011

ZIKIR TUBUH

Nafsu di tubuh ini
menjadi api yang sehati,
maka ku jaring ia dengan kendali
kalimat La ilaha illa allah
ku hujamkan ke dalam hati
dengan lisan yang jahar.
Nafsu yang menyatu
dengan tubuh yang zohir ini,
seperti terguncang-guncang oleh kata
saat kalimat La ilaha illa allah diucapkan,
mengalir dari pusar ke atas ubun-ubun
lalu ke bahu sebelah kanan dan ke tengah dada
kemudian menghujam ke dalam hati
berzikir sendiri tanpa sepi.
Nafsu yang meliputi tubuh ini
melekat dari segenap penjuru 
yang bernafsu;
di penjuru dua mata
di penjuru dua telinga
dipenjuru dua lubang hidung
di penjuru dua belah tangan
di penjuru dua belah kaki
di penjuru lisan
di penjuru busung
di penjuru kemaluan
meranggas oleh kata
yang dihantar dengan kalimat Istighfar
zikir terus melaju
di segenap penjuru yang bernafsu.
Nafsu Amarah yang teredam
thoriqoh ini adalah thoriqoh tubuh
melalui zikir yang menuju
melalui zikir yang menyatu
hanya kepada Allah jalan kembali,
hanya kepada Muhammad jalan melalui.

TERKUBUR

Tenggelam
di alam mikro
di alam makro
di bawah langit biru seperti di dalam samudera
bumi menjadi daratannya
dan angin menjadi gelombangnya
aku di dalam bagiannya
merasakan kelembutanmu
merasakan kedahsyatanmu
merasakan kasihmu
Siang dan malam hanyalah penanda
gelap  dan terang
yang menandai hari
yang menandai waktu
kenyataan ini yang nyata
kegaiban ini yang gaib
menandai yang zohir
menandai yang batin
di sinilah rumah kedamaianku
di sinilah rumah ketenanganku
dialog sebagai keriuhan
diam sebagai kesunyian
hilang rupa yang satu
hilang ruh yang menyatu
di sinilah diri terkubur menjadi mati
di sinilah diri terkubur menjadi hidup.

Senin, 06 Juni 2011

SYAHADAT

Kesaksian yang banyak
pada yang satu
adalah Dia yang berkata,
kesaksian yang satu
pada yang banyak
adalah Engkau yang berkata,
kesaksian yang satu
pada yang satu
adalah Aku yang berkata,
maka kesaksian ini menjadi;
tiada Tuhan selain Dia.
maka kesaksian ini menjadi;
tiada Tuhan selain Engkau.
maka kesaksian ini menjadi;
tiada Tuhan selain Aku.
karena kesaksian ini
sejatinya adalah alif, lam, lam, ha.
karena kesaksian ini
bagi dirimu adalah makrifatmu,
inilah kesaksian yang hakiki
inilah kesaksian yang abadi.
Kesaksian syahadat adalah pernyataan diri yang sejati,
diri yang menjadi sifat
diri yang beranasir
adalah wujud pernyataan ini.
Syahadatku yang tunggal
syahadatku yang menyatu
pada diri yang satu
pada diri yang utuh
adalah yang zohir 
adalah yang bathin
abadi disini.